Rabu, 23 Oktober 2013

Review Marriageable




Lama juga g’ bikin review buku penulis Indonesia, sebenarnya lagi g’ niat-niat amat sih tapi tak apalah. Beberapa hari lalu saya membaca Marriageable-nya Riri Sardjono. Suka banget, bikin senyam-senyum dan kadang ngakak. Saya memang lagi butuh buku seperti ini, sangat menyenangkan untuk melepaskan diri sejenak dari penatnya kehidupan (tsaaah… bahasanyaaa).

Tema ceritanya sebenarnya sudah umum, wanita yang sudah hampir expired terus dijodohin sama mamanya. Tapi, sebiasa-biasanya sebuah cerita kalau diramu dengan baik bakal jadi g’ biasa. Kayak manusia meski mungkin ada yang masalahnya sama tapi dihadapi dengan caranya sendiri, itu yang bikin dia beda dengan yang lain. Nah, dalam ceritanya ini penulis sukses melakukan itu. Gaya bertutur tokoh-tokohnya yang sarkastis tapi menurut saya ada benarnya, sangat mengasyikkan dan mengalir. Mungkin satu hal bagi saya yang g’ terlalu asyik dari buku ini, terlalu banyak “rokok” tapi ya itu hidup mereka, duit mereka, asal asapnya g’ ke muka dan kehirup saya saja. Alangkah baiknya kalau hal yang lebih banyak mudaratnya dihindari (yaelah, malah ceramah).

Dalam kehidupan nyata sebenarnya saya bukan penggemar perjodohan tapi paling suka bilang, “coba saja dulu, siapa tahu cocok, g’ ada salahnya kan?” Jika sudah di ambang batas kayak si Flory ini dan dijodohin sama cowok kayak Vadin ya mungkin saja saya mau (ini sih ngarep). Ya apalagi sih yang dicari kalau sebenarnya sudah nyaman sama dia, baik, mapan, (tambahan bagi saya, ibadahnya ok)? CINTA? Cinta bisa datang dari semua itu dan ya… cinta memang perlu tapi cinta bukan segalanya, darling! (Jangan protes karena ini menurut saya)

Sorry, lebih banyak curcol dari pada bahas ceritanya! :)

You get married not to be happy but to make each other happy. –Roy I. Smith

Tidak ada komentar:

Posting Komentar